Sosial Media Marketing: Pengertian dan Manfaatnya
Sosial media marketing atau pemasaran media sosial (SMM) adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan tidak berbayar.
Pada tahun 1929, Frigyes Karinthy, seorang penulis Hungaria, mengemukakan konsep yang disebut Six Degrees of Separation dalam cerita pendeknya yang berjudul “Chains”.
Konstruksi tersebut menyebarkan gagasan bahwa setiap orang di dunia dapat dihubungkan melalui maksimal enam koneksi sosial.
Apa itu Sosial Media Marketing?
Sosial media marketing adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan organik.
Ini adalah platform di mana pemasar dapat berinteraksi dengan pelanggan, menyelesaikan pertanyaan dan keluhan, mengumumkan produk dan layanan baru, mendapatkan umpan balik dan rekomendasi, serta membangun komunitas mereka.
Pemasara sosial media melibatkan aktivitas seperti membangun kehadiran di jejaring sosial, menyebarkan kesadaran merek, melibatkan prospek dan pelanggan melalui konten, mengarahkan lalu lintas ke situs web, dan sebagainya.
Marketer media sosial menggunakan media sosial untuk pertama-tama hadir di platform sosial populer, menemukan dan menjangkau pelanggan dan calon pelanggan, lalu mempromosikan produk dan layanan serta melibatkan audiens untuk meningkatkan konversi dan ROI.
Manfaat Sosial Media Marketing
Dari poin-poin yang disebutkan di atas, terlihat jelas bahwa pemasaran media sosial menawarkan keuntungan yang sangat besar bagi merek. Mari kita lihat lima manfaat yang dapat diperoleh bisnis dengan menggunakan sosial media marketing.
1. Tetap menjadi Top of Mind
Kita berada di zaman di mana komunitas online tenggelam dalam lautan informasi. Orang-orang memiliki FOMO (tfear of missing out) atau rasa takut akan ketinggalan informasi, dan merek berusaha keras untuk diperhatikan.
Media sosial memungkinkan merek mengirimkan konten reguler agar tetap menjadi yang pertama dan selalu diingat.
2. Dapatkan Ide Konten Baru
Informasi yang berlebihan, jika digunakan dengan bijak, dapat menguntungkan Anda. Dengan bantuan media sosial, Anda bisa mendapatkan ide konten baru melalui berita, update, konten pesaing, dan lain sebagainya. Merek mengandalkan pemberitaan dan referensi budaya pop untuk membuat konten yang akan disukai audiens mereka.
Cara lain bagi merek untuk mendapatkan ide konten sekaligus meningkatkan keterlibatan adalah melalui crowdsourcing. Konten yang dibuat pengguna telah menjadi pokok bagi organisasi untuk meningkatkan frekuensi konten sambil menjadikan audiens sebagai bagian dari kreasi konten mereka.
3. Manajemen Reputasi Online
Pelanggan Anda akan berbicara tentang apakah Anda berada di media sosial atau tidak. Jangan biarkan saran, pertanyaan, atau keluhan pelanggan diabaikan. Media sosial bila digunakan secara proaktif dapat menjadi platform layanan dan keterlibatan pelanggan yang sangat baik.
Dalam skenario seperti itu, bersama dengan situs web dan email, media sosial adalah mode komunikasi tercepat untuk menangani krisis. Anda dapat memadamkan api secara signifikan dengan menanggapi dan menyelesaikan keluhan secepat mungkin.
4. Kemampuan Iklan Berbayar yang Diperluas
Platform media sosial memungkinkan organisasi menjalankan iklan dengan penargetan yang presisi. Anda dapat menemukan segmen audiens yang tepat yang ingin membeli produk Anda.
Dengan fitur seperti pemasaran ulang atau retargeting, Anda dapat terhubung kembali dengan pengunjung situs web sebelumnya atau mengaktifkan kembali basis pengguna yang tidak aktif. Fitur audiens yang mirip memungkinkan Anda menemukan segmen audiens baru yang memiliki karakteristik serupa dengan pelanggan Anda yang ada.
5. Media Penghasil Pendapatan yang Efektif
Media sosial adalah titik kontak penting saat memandu prospek melalui corong pemasaran. Bersamaan dengan itu, iklan perolehan prospek telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mencari prospek baru.
Saat perdagangan sosial menjadi lebih menonjol di masa depan, media sosial akan memperkuat posisinya sebagai aliran pendapatan yang efektif.