Acceptable Use Policy (AUP)

Acceptable Usage Policy ini adalah kebijakan aturan penggunaan fasilitas Rumahweb Indonesia yang tercakup dalam layanan yang digunakan pelanggan.

Isi Website

Pelanggan dilarang untuk memuat isi website yang bersifat dan atau berhubungan dengan:

  1. Pornografi, perjudian, SARA, penghinaan, dan keasusilaan umum.
  2. Hal – hal yang bersifat dapat menimbulkan perselisihan, keresahan, dan teror.
  3. Materi yang mengandung unsur hak cipta tanpa seizin pemiliknya.
  4. Materi yang dapat digunakan untuk hal – hal yang mengganggu semua pihak.
  5. Ponzy, pyramid scheme, fraud, phishing,  dan penipuan.
  6. Transaksi/jual beli obat-obatan secara online tanpa izin yang valid (SIA) atau tidak sesuai dengan aturan dari BPOM.
  7. Materi – materi lain yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
  8. Materi yang dilarang oleh pihak ISP atau Datacenter.

Penggunaan Account Hosting

Pelanggan dilarang untuk menggunakan account hosting untuk:

  1. Mengirimkan e-mail massal dan atau SPAM (lebih detail akan dijelaskan dalam pasal lain)
  2. Memasang BOT IRC,PsyBNC, dan proses – proses yang berkaitan dengan IRC
  3. Web Proxy, Mail Proxy, dan jenis – jenis proxy lainnya
  4. Mendownload file menggunakan fasilitas hosting baik melalui shell maupun cara lain
  5. Melakukan DDOS, port scanning, sniffing, dan exploit system
  6. Bit Torrent atau aplikasi Peer to Peer lain
  7. Dipergunakan tanpa domain publik yang terdaftar (spoofing). Akun hosting yang domainnya expire atau available (dapat didaftarkan siapapun), akan dihentikan layanannya.
  8. Menyimpan file – file yang dilarang pada pasal “Isi Website”
  9. Jenis – jenis penggunaan yang dilarang oleh ISP atau Datacenter
  10. Penambangan/mining cryptocurrency

Pada layanan Unlimited Hosting, berlaku kebijakan penggunaan sumber daya sebagai berikut:

  1. Unlimited Hosting tidak boleh digunakan untuk penyediaan layanan berikut:
    • Streaming Video
    • Online Storage* (hanya diijinkan hingga 5GB)
    • File Sharing
    • Image Hosting

    *Definisi “Online Storage” yang DIIJINKAN dalam batas 5GB adalah aktivitas penyimpanan file-file yang tidak menjadi komponen utama dalam menampilkan website dan atau ditujukan untuk didownload.

    Jenis file yang masuk kategori ini adalah:

    • File .pdf, .doc, .xls, dan berbagai ekstensi file lainnya;
    • File log atau jenis file lain yang ter-generate otomatis dari website;
    • File-file yang disubmit oleh pengunjung, misalnya file dari halaman form penerimaan dokumen, tugas dan dokumen e-learning, file untuk sistem informasi tertentu

    Jika memang website / sistem informasi Anda butuh untuk menyimpan file-file jenis di atas, maka kami sarankan Anda menggunakan layanan Cloud Hosting yang memiliki fitur dedicated space yang juga dijamin backupnya.

  2. Pelanggan tidak diperkenankan untuk menyimpan file yang berukuran lebih dari 1GB oleh karena itu Rumahweb berhak menghapus file tersebut tanpa adanya jaminan restore (dikembalikan dari backup). Email notifikasi akan kami kirimkan setiap kali penghapusan dilakukan.
  3. Batas inodes dalam satu akun hosting adalah 250.000 inodes. Jika inodes sudah mencapai 75.000, maka akun hosting tidak akan di-backup sehingga pelanggan dapat kehilangan data apabila terjadi kerusakan pada server dan Rumahweb tidak akan bertanggungjawab atas hal tersebut.
  4. Backup mingguan hanya akan dijalankan pada akun yang menggunakan disk space lebih kecil dari 5 GB dan atau inodes lebih kecil dari 75.000.
  5. Total penggunaan email pada satu akun hosting tidak diperkenankan melebihi 10 GB.
  6. Rumahweb berhak untuk menghentikan layanan untuk akun hosting yang penggunaan spacenya di atas ketentuan tersebut dengan memberikan kesempatan 30 hari kepada pelanggan untuk mengupgrade ke layanan Cloud Hosting, VPS, dan Dedicated Server, atau memindahkan akun hostingnya ke penyedia layanan lain. Dalam hal ini Rumahweb akan mengembalikan sisa dana yang dihitung secara pro-rata setelah dikurangi biaya domain dan biaya lain yang mungkin menjadi komponen biaya yang telah dibayarkan pelanggan.

Penggunaan Fasilitas E-mail

Pelanggan dilarang untuk menggunakan fasilitas e-mail dan fasilitas lain yang dapat berfungsi mengirimkan e-mail untuk :

  1. Melakukan mengirimkan SPAM dan atau Unsolicited Mail, atau dengan sengaja menerima kedua hal tersebut
  2. Melakukan pengiriman e-mail massal dengan alasan apapun dan atau mail bombing
  3. Mengirimkan e-mail lebih dari 120 e-mail per jam
  4. Mengirimkan materi – materi yang tersebut dalam kategori larangan pada pasal “Isi Website”
  5. Jenis – jenis e-mail yang dilarang oleh ISP atau Datacenter

Penggunaan Resource Hosting

Pelanggan dilarang untuk menggunakan resource hosting berupa CPU, RAM, dan Storage secara berlebihan sehingga berpotensi atau telah mengganggu layanan terhadap pelanggan lainnya.

  1. Pelanggan dilarang untuk menggunakan resource hosting berupa CPU, RAM, dan Storage secara berlebihan sehingga berpotensi atau telah mengganggu layanan terhadap pelanggan lainnya.
  2. Untuk menjaga reliabilitas terhadap layanan hosting kepada semua pelanggan, maka akun hosting yang menggunakan resource CPU dan RAM rata-rata lebih dari 40% dari alokasi limitnya akan diturunkan ke jumlah CPU yang digaransi yaitu:
    • CPU 15% & RAM 512MB untuk paket semua paket hosting
    • CPU 25% & RAM 512MB untuk paket Build / Small
    • CPU 50% & RAM 1GB untuk paket Grow / Medium
    • CPU 75% & RAM 2GB untuk paket Bloom / Large

Penggunaan Layanan VPS/Cloud Server

Pelanggan dilarang menggunakan VPS/Cloud Server untuk:

  1. Mengirimkan e-mail massal dan atau SPAM (lebih detail dijelaskan dalam pasal lain).
  2. Memasang BOT IRC,PsyBNC, dan proses – proses yang berkaitan dengan IRC.
  3. Web Proxy, Mail Proxy, dan jenis – jenis proxy lainnya.
  4. Melakukan DDOS, port scanning, sniffing, dan exploit system.
  5. Bit Torrent atau aplikasi Peer to Peer lain.
  6. Menyimpan file – file yang dilarang pada pasal “Isi Website”.
  7. Penambangan/mining Cryptocurrency.
  8. Jenis – jenis penggunaan yang dilarang oleh ISP atau Datacenter.

Penggunaan Layanan Flockmail/Titan Email

FlockMail / Titan Email adalah layanan yang diselenggarakan dari pihak ketiga yaitu Flock FZLLC yang bekerjasama dengan Rumahweb Indonesia selaku sales channel. Oleh karena itu pelanggan wajib untuk mematuhi AUP dari Flock FZLLC yang dapat dibaca detailnya di link berikut.

Rumahweb Indonesia tidak bertanggungjawab apabila Flock FZLLC memutuskan untuk menghentikan layanan kepada pelanggan dikarenakan pelanggaran AUP yang dilakukan oleh pelanggan.

Penggunaan Layanan VPS Alibaba Cloud

Penggunaan VPS Alibaba Cloud tidak boleh melebihi resource limit dari paket yang digunakan. Apabila penggunaan VPS melebihi limit resource, maka:

  • Akun Alibaba Cloud akan dibekukan/freeze untuk menghindari over payment;
  • Sebagai akibat pembekuan akun tersebut, semua VPS Alibaba Cloud dan layanan yang berada di bawah akun yang sama, akan dinonaktifkan;
  • Akun Alibaba Cloud beserta seluruh layanan di dalamnya dapat digunakan kembali apabila paket VPS -yang melebihi limit resource- sudah di upgrade.

Untuk menghindari suspend akun tersebut, tim Rumahweb akan mengirimkan notifikasi penggunaan resource VPS yang digunakan jika limit resource sudah melebihi 80% dari limitasi resource paket yang digunakan.

Sanksi Terhadap Pelanggaran

  1. Rumahweb Indonesia berhak untuk memutuskan kontrak tanpa jaminan untuk pengembalian pembayaran dan menolak memberikan jaminan yang tertera dalam Term of Services
  2. Jika menurut penilaian Rumahweb Indonesia pelanggaran yang dilakukan oleh pelanggan bersifat ringan, maka Rumahweb Indonesia akan mengirimkan peringatan melalui e-mail kepada pelanggan bersangkutan
  3. Rumahweb Indonesia berhak untuk melakukan suspend atau pemberhentian layanan tanpa pemberitahuan sebelumnya
  4. Rumahweb Indonesia berhak untuk memberlakukan denda untuk pelanggan yang dengan sengaja melakukan pelanggaran
  5. Rumahweb Indonesia berhak untuk mengambil alih kepemilikan domain apabila pelanggaran yang dilakukan cukup berat dan dilakukan dengan kesengajaan

Penanganan Pelanggaran/Abuse

  • Phising/gambling/pornography/scam/malware/fraud/DNS threat
    1. Pengecekan akan dilakukan terhadap laporan yang masuk, apabila konten yang melanggar masih dapat diakses, Rumahweb akan mengirimkan email notifikasi kepada Registrant / Reseller dan menghentikan semua layanan terkait.
    2. Rumahweb akan memberitahukan kepada pelapor tentang tindakan yang telah diambil terkait dengan laporan abuse tersebut.
    3. Jika Registrant / Reseller telah merespon, akan dilakukan pengecekan untuk melihat apakah konten / abuse masih dapat diakses atau masih berlangsung. Akan dilakukan unsuspend apabila konten / pelanggaran sudah tidak dapat diakses.
    4. Rumahweb dapat mempertimbangkan dan mengambil tindakan suspend permanen apabila domain dinilai didaftarkan untuk dengan sengaja melakukan abuse / pelanggaran. Namun demikian Registrant masih dapat mentransfer domain keluar.
  • DMCA/Copyright/Keluhan lain terkait konten
    1. Email report akan diforward ke Registrant / Reseller.
    2. Rumahweb akan mereply laporan yang masuk dan memberitahukan tindakan yang telah diambil.
    3. Rumahweb sebagai Registrar Domain tidak memiliki kendali atas konten dari domain dan tidak memiliki kewajiban untuk menghapus konten yang dilaporkan. Namun jika konten tersebut ditempatkan di network Rumahweb, maka Rumahweb berhak untuk menghapus konten yang secara sepihak dianggap melanggar atau menghentikan layanan terkait yang memungkinkan konten tersebut diakses oleh publik.
    4. Rumahweb mengakui DMCA dan Google Transparency Report sebagai pihak yang memiliki legitimasi untuk menyatakan pelanggaran hak cipta dari konten sehingga apabila domain / website pelanggan dinyatakan melanggar hak cipta pada DMCA atau Google Transparency Report maka Rumahweb berhak menghapus konten atau menghentikan layanan terkait yang memungkinkan konten tersebut diakses oleh publik.
    5. Apabila ada laporan konten yang mengandung unsur hak cipta dan dianggap Rumahweb legitimate, maka Rumahweb berhak menghapus konten atau menghentikan layanan yang terkait dengan itu.
  • Domain Trademark Infringement

    Email dari pelapor akan diforward ke Registrant / Reseller dan mereply ke pelapor, menyarankan untuk melanjutkan keluhan melalui UDRP atau jalur hukum.

Kontak Abuse

Untuk melaporkan segala bentuk aktivitas abuse,  Anda bisa menghubungi kami melalui:

  • Email: abuse@rumahweb.com
  • Telepon: 0274-882257

Pelacakan Laporan Abuse

  • Berikan laporan dengan detail dan lengkap agar kami dapat menyelidiki laporan abuse Anda dengan cepat.
  • Setiap laporan yang dikirimkan via email abuse@rumahweb.com akan otomatis masuk ke dalam sistem trouble ticket kami dan Anda dapat melakukan tracking melalui halaman https://ticket.srs-x.net.

Disclaimer:

Rumahweb berhak merubah kebijakannya kapanpun tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

Rumahweb tidak bertanggung jawab atas email dan seluruh konten yang terpasang di situs Pelanggan. Namun kami memiliki prosedur untuk menangani setiap laporan atas layanan yang terdaftar di Rumahweb.

Rumahweb dapat memberikan informasi pengguna kepada pihak yang berwenang atau penegak hukum bilamana diperlukan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Layanan yang disediakan oleh Rumahweb hanya boleh dipergunakan untuk tujuan yang sah dan tidak melanggar hukum.